Kamis, 01 April 2010

Aplikasi Mini market

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah

Di era globalisasi sekarang ini komputer sudah menjadi bagian yang sangat penting dan bermanfaat dalam segala hal. Salah satu manfaat dari komputer adalah menyimpan informasi (data) yang lebih kita kenal dengan database.
Database menjadi bagian yang paling penting dalam setiap bidang usaha, karena semua bidang usaha pasti mempunyai data yang perlu diolah sehingga menghasilkan informasi yang berguna.
Banyaknya mini market yang tersebar di seluruh pelosok daerah membutuhkan suatu manajemen data yang terstruktur dan baik sehingga data tersebut akan sangat bermanfaat untuk memudahkan pemilik dalam mengolah data.
Pentingnya akan sebuah database dan makin banyaknya mini market yang berkembang saat ini memberi inspirasi terhadap penulis untuk membuat sebuah database mini market yang bertujuan untuk lebih mempermudah pemilik mini market dalam mengolah datanya.
Salah satu contoh kemudahan dari penggunaan aplikasi database ini adalah mempercepat kerja kasir mini market dalam melakukan transaksi. Dalam melakukan transaksi kasir mini market hanya tinggal memasukan kode barang yang akan dibeli oleh konsumen, dan secara otomatis harga barang yang dibeli dan total harga yang harus dibayar oleh konsumen sudah tertera di layar komputer kasir mini market tersebut dengan dilenkapi menu report untuk menampilkan semua transaksi setiap harinya.

1.2 Batasan Masalah
Untuk mempermudah pembahasan dalam penulisan ilmiah ini, penulis hanya mengangkat permasalahan pada pendataan barang – barang yang ada di mini market tersebut serta pengkodean barang yang bertujuan untuk lebih memudahkan kasir dalam melakukan transaksi. Database ini akan dibuat dengan menggunakan Visual Basic.Net 2008
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan ilmiah ini adalah untuk membantu memudahkan para pemilik mini market dalam hal pendataan barang – barang, pemrosesan data dalam transaksi, sehingga data – data barang tersimpan dengan aman di dalam database.
1.4 Metode Penulisan
Untuk memperoleh informasi yang diperlukan dalam penulisan ilmiah ini, penulis menggunakan metode penelitian studi pustaka sebagai bahan referensi dalam membuat database ini. Penulis memperoleh bahan referensi untuk membuat database ini dari buku – buku pemrograman Visual Basic.Net 2008. Dan hardware seperangkat kompuyter denan spesifikasi minimum sebagai berikut :
• 1,6 GHz CPU
• 386 MB RAM
• 800 x 600 dsiplay
• 5400 RPM hard disk


Adapun prosedur pembuatan aplikasi database mini market ini dalam beberapa tahap berikut :
1. Pembuatan menu utama yang nantinya akan menjadi tampilan utama menggunakan Visual Basic.Net 2008.
2. Pembuatan rancangan input. Rancangan input dibuat menggunakan Visual Basic.Net 2008.
3. Pembuatann rancangan output. Rancangan output dibuat menggunakan Visual Basic.Net 2008.
4. Pembuatan rancangan database. Rancangan database dibuat dengan menggunakan Ms Access
5. Pembuatan logika pemrograman. Logika program dibuat menggunakan bentuk diagram alur.
6. Pembuatan naskah program. Naskah program dibuat dengan mengunakan bahasa pemrograman Visual Basic.Net 2008.

1.5 Sistematika Penulisan
Untuk memberikan gambaran umum dari Penulisan Ilmiah ini, maka penulis membuat uraian singkat dari tiap – tiap bab yang ada didalam Penulisan Ilmiah ini.
Bab I : Pendahuluan
Pada bab ini menerangkan tentang pendahuluan yang berisi tentang latar belakang masalah, tujuan penulisan, metode penulisan, batasan masalah, dan sistematika penulisan.
Bab II : Landasan Teori
Pada bab ini akan dibahas tentang database, pemrograman, serta penjelasan yang terdapat pada software Visual Basic.Net 2008.
Bab III : Pembahasan Masalah
Pada bab ini akan dibahas mengenai cara pembuatan sebuah database mini market dengan menggunakan Visual Basic.Net 2008yang dilengkapi dengan listing programnya.
Bab IV : Penutup
Pada bab ini berisi tentang keimpulan dari Penulisan Ilmiah ini dan saran – saran untuk menyempurnakan Penulisan Ilmiah yang dibuat oleh penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

free counters