Selasa, 20 April 2010

Pengertian Topologi

Topologi adalah suatu cara yang digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan computer ke computer yang lainnya sehingga membentuk suatu jaringan system. Topologi ada beberapa macam, seperti Bus , Ring , Star , Mesh , Hybrid dan Tree . Pemilihan topologi ini berdasarkan peran masing-masing computer, tata ruang, ketersediaan peralatan , biaya , kemudahan pengembangan, dll.
Proses penyaluran sinyal dari suatu jaringan computer dan jaringan computer yang lainnya disebut Modus Transmisi . Untuk melakukan kegiatanya, modus transmisi membutuhkan media yang disebut Media Transmisi yang berupa kabel ataupun tanpa kabel ( wireless ) . Jika menggunakan kabel, dapat menggunakan kabel coaxial , twisted pair ataupun serat optic sedangkan jika tanpa kabel ( wireless ), sinyal yang di kirimkan berupa gelombang elektromagnetik .

Contoh penggunaan modus transmisi tanpa kabel adalah sebagai berikut :
• Walkie-Talkie
• Penggunaan internet pada handphone ( GPRS )
• Wi-Fi


B. Manfaat Topologi
Beberapa manfaat topologi adalah sebagai berikut :

• Resource Sharing
Topologi dapat mengatasi masalah – masalah yang terjadi. Seperti , jika ingin mengetahui atau mendapatkan suatu informasi atau data, tidak perlu lagi untuk pergi ke tempat informasi itu berada, karena dengan adanya topologi jarak tidak menjadi penghalang untuk mendapatkan informasi tersebut .

• Reliabilitas Tinggi
Jaringan memudahkan dalam menyalin data dari jaringan computer lain .

1. Topologi Bus
Topologi bus merupakan topologi yang menggunakan konfigurasi sambungan multipoint . Sebuah kabel utama bertindak sebagai tulang punggung ( backbone ) lalu lintas data . semua computer dan peralatan jaringan terhubung ke backbone . Pada topologi bus , tidak terdapat pengendali pusat . Apabila terjadi pengiriman pesan yang bersamaan oleh dua computer, salah satu computer menunggu sampai sinyal tersebut lewat , kemudian computer tersebut mengulang proses transmisi .

• Kelebihan :
- mudah di pasang
- menghemat tempat

• Kelemahan :
- Pengembangan jaringan sangat terbatas, karena panjang kabel utama tidak boleh melebihi jarak tertentu .
- Lokalisir kerusakan alat sulit dilakukan
- Relatif sulit dalam hal perawatan dan penambahan peralatan baru . Jika terjadi kerusakan pada salah satu segmen kabel utama , seluruh jaringan tersendat.





















2. Topologi Ring

Hampir Sama dengan pola hubungan pada topologi bus, pada topologi ini penggunaan kabel cukup hemat. Akan tetapi, jika suatu saat kamu mengembangkan jaringan jenis ini, kamu akan mendapat kesulitan. Komputer pada pola hubungan ring di hubungankan satu demi satu, sehingga membentuk jaringan yang melingkar.

Berikut ini merupakan kelebihan dan kelemahan dari topologi ring , sebagai berikut :

 Kelebihan :
- Lebih Hemat kabel
- Pemasangan dan pengaturannya relatif mudah karena setiap piranti computer hanya terhubung kedua piranti lain. Untuk menambah atau mengurangi piranti hanya diperlukan pemindahan dua sambungan.
- Deteksi kerusakan mudah dilakukan.

 Kekurangan:
- Jaringannya bersifat terbatas akibat adanya batasan panjang lintasan lingkaran sehingga banyaknya piranti pun terbatas.
- Jaringan bersifat rentan gangguan. Jika terjadi kerusakan pada salah satu sekmen jaringan, seluruh jaringan tidak dapat berfungsi dengan baik.













3.Topologi Star
Pola hubungan Star adalah pola hubungan yang terpusat.Pola hubungan ini akan memudahkan untuk mengembangkan jaringan.Jika terjadi kerusakan pada salah satu unit computer,hal itu tidak menganggu jaringan yang lain.Lain halnya jika kerusakan terjadi pada computer server.Kerusakan tersebut akan menyebabkan computer yang lain tidak berfungsi.
Karena topologi star menggunakan pola hubungan yang terpusat,maka setiap computer yang ada dalam jaringan harus di hubungkan ke server.Hal ini akan mengakibatkan banyaknya kabel yang di gunakan.Komputer pusat server yang terletak di tengah mengatur komputer-komputer lain yang biasa disebut client.

Berikut ini merupakan kelebihan dan kelemahan dari topologi star, sebagai berikut :
 Kelebihan :
- Paling fleksibel
- Kontrol terpusat
- Dapat dengan mudah mendeteksi dan isolasi kesalahan atau
- kerusakan.
- Jika salah satu client rusak, tidak mengganggu sambungan yang lain
 Kelemahan :
- Boros kabel
- Apabila terjadi kerusakan perlu penanganan yang khusus
- Kontrol terpusat menjadi elemen kritis











4. Topologi Mesh/Web
Pola hubungan dari topologi ini adalah setiap computer langsung terhubung langsung dengan computer lain melalui sebuah link khusus. Setiap link hanya digunakn untuk bekomunikasi antara dua computer. Untuk menghubungkan beberapa(n) computer pada pada jaringan Ini diperlukan n(n-1)/2 segmen kabel.

Berikut ini merupakan kelebihan dan kelemahan dari topologi mesh, sebagai berikut :

 Kelebihan
- Mengatasi masalah kepadatan lalu lntas data
- Kerusakan pada satu link tidak akan menggangu link yang lain
- Keamanan data terjamin karena tanpa melalui perantara
- Deteksi lokasi kerusakan mudah dilakukan

 Kelemahan
- Memerlukan kabel yang panjang sehingga memerlukan waktu lama dan biaya yang relatif mahal.
- Banyaknya kabel akan memakan tempat.

















5. Topologi Tree

Topologi tree disebut juga topologi pohon. Topologi merupakan modifikasi atau gabungan dari beberapa topologi bintang atau topologi star. Jaringan topologi tree ini memiliki dua hub, yaitu hub pusat atau sentral atau yang biasa disebut hub primer, dan hub sekunder. Hub primer menghubungkan setiap hub sekunder, karena hub primer merupakan hub aktif dalam topologi tree.

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan dari topologi tree, yaitu sebagai berikut :

 Kelebihan
Secara umum kelebihan topologi tree sama dengan topologi star, yaitu:
- Pemasangannya relatif mudah, karena setiap alat atau computer hanya membutuhkan satu port I/O.
- Deteksi kesalahan cukup mudah.
- Kerusakan pada salah satu link tidak mempengaruhi sambungan yang lain, asalkan hub masih berfungsi.
- Adanya hub sekunder memungkinkan lebih banyak perangkat yang dapat tersambung ke sebuah hub sentral, sehingga menambah jarak jangkauan jaringan.

 Kelemahan
Secara umum kelemahan topologi tree sama dengan kelemahan topologi star.

Jaringan topologi tree ini sangat tergantung pada pengendali pusat (hub). Tidak mungkin dilakukan komunikasi langsung dari satu computer ke computer lain, karena semua transmisi harus memalui hub.






























6. Topologi Hybrid
Topologi Hybrid adalah penggabungan dari beberapa topologi .

Berikut ini merupakan kelebihan dan kelemahan dari topologi hybrid, sebagai berikut :

 Kelebihan
- menyesuaikan ketersediaan sumber daya
- fleksibel

 Kekurangan
- kelemahan topologi hybrid ini sesuai dengan kelemahan masing- masing (topologi) segmen pembentuknya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

free counters